WAHAI PARA MUSLIM!!!! KETAHUILAH INILAH RENUNGAN PERTAMA DI DALAM KUBUR APA BILA PERBUATAN KITA BURUK!!!!!! INI ADALAH KISAH NYATA

salah seseorang penguasa diantara penguasa-penguasa Dinasti Umawiyah, sebelumnya jadi khalifah, sehari-hari ganti baju kian lebih satu kali. Ia mempunyai emas serta perak, pembantu serta istana, makanan serta minuman dan semua yang ia kehendaki.

Namun, seperti diceritakan Dr Aidh Al Qarni dalam bukunya Sentuhan Spiritual terbitan Al Qalam, saat Umar bin Abdul Aziz memangku kekhalifahan serta jadi penanggung jawab masalah golongan Muslimin, ia meninggalkan semuanya, sebab ia ingat malam pertama didalam pendam.

Umar bin Abdul Aziz berdiri diatas mimbar di hari Jumat. Ia lalu menangis. Ia sudah dibaiat umat Islam sebagai pemimpin. Di sekitarnya ada beberapa pemimpin, menteri, ulama, penyair serta panglima pasukan.

Ia berkata, ''Cabutlah pembaiatan kalian! ''
Mereka menjawab, ''Kami tak inginkan terkecuali Anda. ''
Umar bin Abdul Aziz lalu memangku jabatan itu, tengah ia sendiri membencinya.

Tidak hingga satu minggu lalu, keadaan badannya begitu lemah serta air mukanya sudah beralih. Bahkan juga, ia tak memiliki pakaian terkecuali cuma satu. Beberapa orang ajukan pertanyaan pada istrinya mengenai apa yang berlangsung pada khalifah.

Istrinya menjawab, ''Demi Allah, ia tak tidur semalaman. Untuk Allah, ia beranjak ke tempat tidurnya, membolak-balik badannya seakan tidur diatas bara api. Ia menyampaikan, ''Ah, ah, saya memangku masalah umat Muhammad saw, tengah pada hari Kiamat kelak saya bakal disuruhi tanggungjawab oleh fakir serta miskin, anak-anak serta beberapa janda. ''


Salah seseorang ulama berkata padanya, ''Wahai Amirul Mukminin. Kami lihat Anda di Makkah sebelumnya menjabat kepemimpinan, Anda ada dalam keadaan penuh nikmat, sehat serta bugar. Kiranya apa yang sudah merubah diri Anda? ''

Umar bin Abdul Aziz lalu menangis sampai tulang rusuknya hampir terkilir. Umar berkata pada ulama yang tidak lain yaitu Ibnu Ziyad.

''Wahai Ibnu Ziyad, bagaimana apabila engkau melihatku didalam pendam sesudah tiga hari, sehari saya melepas bajuku serta saya berbantal debu, meninggalkan kekasihku, meninggalkan beberapa rekanku? Bagaimana bila engkau lihat setalah tiga hari? Untuk Allah, engkau bakal lihat panorama yang jelek! ''

Jadi, kita memohon pada Allah SWT untuk memperoleh perbuatan baik.

Aidh Al Qarni lalu berkata, ''Demi Allah, kalau seseorang pemuda hidup seribu th. dari umurnya dengan mengurus masalahnya, nikmati semuanya kelezatan sepanjang seribu th. itu, mencicipi kelezatan sepanjang seribu th. itu didalam istana yang ditempatinya, ia akan tidak terlena oleh bingung selama hidupnya. "

''Tidak, kebingungan itu tak dapat tidak diterima dari dalam dadanya. Tidaklah semuanya kesenangan sepanjang seribu th. itu cukup untuk penuhi satu malam didalam kuburnya, '' kata Aidh Al Qarni mengingatkan.

Utsman bin Affan saat mendengar jenazah beredar, ia menangis hingga pingsan hingga beberapa orang membawanya seperti jenazah ke tempat tinggalnya. Mereka ajukan pertanyaan padanya dalam satu peluang, ''Apa yang berlangsung kepadamu? ''

Utsman menjawab, ''Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ''Kuburan itu tempat pertama di akhirat. '' Hadits Kisah Ahmad.

Bila seseorang hamba selamat darinya, jadi sungguh ia begitu berbahagia. Namun bila ia disiksa didalam pendam, kita berlindung pada Allah SWT, sungguh ia sudah tidak untung diakhir keseluruhannya.

Aidh Al Qarni menceritakan dalam bukunya Sentuhan Spiritual Aidh Al Qarni, ''Kubur itu dari beberapa taman surga atau lubang dari beberapa lubang neraka. Bila ia baik, jadi yang sesudahnya adalah yang paling baik di segi Tuhan. Namun bila jelek, jadi sesudahnya lebih menyengsarakan untuk hamba yang berpaling dari jalan Allah. "

Aidh Al Qarni meneruskan, Saya mendatangani kuburan, saya lalu memanggilnya, ''Di manakah orang yang diagungkan serta orang yang dihinakan? Mereka semuanya musnah, tidak ada pemberi berita. Serta, mereka semuanya mati serta berita itu juga mati. "

Wahai orang yang ajukan pertanyaan kepadaku mengenai beberapa orang yang sudah berlalu, bukankah engkau mengambil pelajaran dari suatu hal yang sudah berlalu. Anak-anak orang kaya itu pergi serta berlalu, jadi keindahan bentuk itu juga dihapuskan.

Aidh Al Qarni menceritakan, saya datang ke kuburan. Kuburan beberapa pemimpin serta beberapa bawahan. kuburan raja serta rakyat jelata, kuburan beberapa orang kaya serta beberapa orang miskin. Semuanya sama di segi Allah.

Apakah Anda lihat kuburan yang unggul dari kuburan yang lain? Apakah malaikat itu terjun kedalam pendam yang terbuat dari emas atau perak? Untuk Allah, ia sudah meninggalkan kerajaan, istana, tentara serta semua suatu hal yang ia punyai. Ia kenakan sepotong kain, seperti yang kita gunakan. Serta, ia juga dikuburkan didalam tanah.

''Wahai Anak Adam, ibumu sudah melahirkanmu dalam kondisi menangis, sesaat beberapa orang di seputarmu, tertawa penuh rasa bahagia. Jadi, beramallah untuk dirimu supaya engkau jadi orang yang tertawa penuh bahagia saat beberapa orang di seputarmu menangis pada hari kematianmu. ''

Diantara manusia, masihlah ada yang beramal untuk hari kematian itu. Mereka senantiasa siap untuk berjumpa dengan Allah SWT. Mereka senantiasa mencermati detik kematian itu dalam setiap waktu. (dm)

Mudah-mudahan dapat jadi renungan kita semuanya..
Kalau maut dapat menjemput setiap saat..
http://www.beringinjayapost.com/2016/03/wahai-para-muslim-ketahuilah-inilah.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAHAI PARA MUSLIM!!!! KETAHUILAH INILAH RENUNGAN PERTAMA DI DALAM KUBUR APA BILA PERBUATAN KITA BURUK!!!!!! INI ADALAH KISAH NYATA"

Posting Komentar

.

Lagi Hangat